Rabu, 18 November 2020

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Bermain Game

Sahabat Parenting Anak-anak jaman sekarang nampaknya senang sekali bermain game. Mulai dari game online, video game, dan jenis permainan yang terdapat di gadget.


Saat sedang jalan-jalan ke mal, yang dibawa anak- anak jaman sekarang adalah gadget. Pemandangan ini tentunya tidak asing lagi Anda lihat. Saat sedang dipilihkan pakaian oleh orangtuanya atau sedang bersantai, si anak malah asyik bermain game di gadget-nya. 


Cara Mengatasi Anak Kecanduan Bermain Game



Membiarkan anak bermain game memang tak apa. Game memang bisa membuat si anak menjadi lebih kreatif. Namun, jangan sampai membuatnya jadi kecanduan. 


Jika sudah kecanduan, maka si anak akan jadi malas mandi, makan, belajar. Bahkan, ada beberapa dampak buruk lainnya jika seseorang sudah kecanduan bermain game.


Akan tetapi, nampaknya banyak anak-anak, khusunya yang tinggal di Jakarta yang kecanduan bermain game. 


Baca Juga Ruam Popok Pada Bayi Dan Penyebabnya


Apakah anak Anda saat ini kecanduan bermain game sehingga membuatnya jadi malas bergerak dan belajar? 


Memiliki anak yang kecanduan bermain game sebaiknya harus segera diatasi. Berikut cara mengatasi anak kecanduan bermain game:


1. Beritahu dampaknya kepada anak Anak-anak memang suka bermain. Namun, sebagai orangtua Anda harus bisa membatasinya. 


Jika si anak tak mau dibatasi, maka Anda bisa berbicara baik-baik pdanya. Katakan dampak buruk jika sering bermain game pada anak. Dengan begitu, si anak akan mengerti dan bisa mengurangi waktunya untuk bermain game.


2. Menjadwalkan anak bermain. Anda sebaiknya tidak menyuruh anak berhenti bermain game sepernuhnya. 


Perlu diingat bahwa game juga bisa meningkatkan kreativitas si anak. Oleh karena itu, Anda harus membuat jadwal. Pada saat apa si anak bisa bermain game. Ketahuilah bahwa melarang anak bermain game hanya akan membuatnya jadi berontak.


3. Bermain bersama si anak. Cara lain untuk bisa menghentikan si anak bermain game yaitu bermain bersamanya. 


Cobalah Anda lebih sering berkomunikasi dan mengajaknya bermain. Anda bisa mengajaknya bermain permainan yang lebih menyenangkan. Misalnya, masak-masakan, mobil-mobilan, puzzle, dan lain sebagainya. 


Pilih permainan yang bisa berinteraksi dengan si anak. Sama seperti kita mengajarkan anak tidur pada waktunya.


4. Mengembangkan bakat si anak. Untuk bisa membuatnya jadi mengurangi bermain game, Anda bisa mengembangkan bakat si anak. 


Mintalah si anak agar mengikuti kegiatan di sekolahnya atau Anda bisa mendaftarkan si anak kursus. Kursus yang bisa diikuti si anak, antara lain kursus bermain musik, melukis, dan kursus lainnya yang bisa mengembangkan bakatnya.


Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak yang kecanduan bermain game. Mengikuti kecanggihan teknologi dan perkembangan di dunia games online ataupun di smartphone boleh saja. 


Tapi, jangan sampai si anak terjerumus hingga membuatnya jadi lupa untuk belajar, bahkan orang-orang di sekitarnya.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon