Rabu, 22 April 2020

Cara Benar Memakai Hand Sanitizer untuk Cegah Virus Corona Tanpa Sebabkan Iritasi Kulit

Semenjak merebaknya virus Corona masyarakat memang diminta untuk menerapkan gaya hidup lebih bersih dibandingkan dengan sebelumnya. Mengingat sangat mungkin nantinya virus tersebut akan menular karena kebiasaan-kebiasaan jorok yang selama ini dilakukan. pemerintah sendiri agaknya juga mengupayakan kegiatan social distancing atau pembatasan sosial yang tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran dari Covid 19.

Hendaknya patut bagi kita untuk menghindari kerumunan. Mengingat tanpa disadari sangat mungkin nantinya dari kerumunan tersebut Anda dapat terpapar oleh virus ini. apalagi tidak semua pembawa Covid 19 ini merasakan gejalanya. Orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh kuat bahkan bisa terpapar namun tidak disertai dengan gejala yang jelas. Jadi patut untuk diwaspadai. Tak hanya memicu masalah pernapasan saja, resiko komplikasi yang disebabkan oleh virus ini juga tergolong tinggi sehingga bisa menyebabkan kematian.

Diupayakan bagi kita semua untuk sering-sering cuci tangan menggunakan sabun, sehingga nantinya virus Corona tidak akan sampai masuk kedalam tubuh. Lakukan hal ini sebelum dan setelah melakukan sesuatu. Sedangkan dalam kondisi darurat seperti tengah berada pada sarana umum maka lebih dianjurkan bagi Anda untuk menggunakan hand sanitizer, karena memang jauh lebih praktis. Hanya saja hendaknya Anda juga harus tahu bagaimana cara pemakaian hand sanitizer dengan benar, sehingga mendapatkan manfaat secara optimal dan cegah beberapa kemungkinan buruk termasuk diantaranya adalah iritasi, yaitu:


  1. Utamakan menggunakan hand sanitizer yang berkualitas, artinya bukan produk abal-abal, mengingat tidak dapat dipungkiri jika sekarang ini cukup banyak oknum nakal yang nyatanya menjual produk abal-abal di moment seperti sekarang ini. disebabkan karena memang permintaannya terbilang cukup tinggi. Jadi dalam memilih lihat dulu produk mana yang sekiranya sudah terdaftar BPOM dan juga belum, jangan asal beli karena harganya murah dan Anda membutuhkan.
  2. Tuangkan secukupnya di telapak tangan sampai cukup basah, setelah itu baru bisa di gosokkan ke seluruh telapak dan juga punggung tangan untuk membunuh berbagai macam kuman penyebab penyakit.
  3. Setelah pemakaian hand sanitizer ini maka sebaiknya tidak membilas menggunakan air ataupun juga mengusapnya menggunakan handuk sampai kering. Cukup dengan mendiamkan sampai hand sanitizer tersebut benar-benar kering dengan sendirinya. Karena jika seandainya dibilas memakai air ataupun juga handuk, maka akan membuat efektivitas yang ada di dalamnya juga menjadi berkurang.
  4. Jangan memakai hand sanitizer dalam kondisi tangan yang terluka, kandungan yang ada di dalam produk pembersih tangan ini adalah alkohol yang jika nantinya terkena luka akan memperburuk kondisinya, membuat luka membuka dan akan semakin sulit untuk disembuhkan. Jadi patutnya berhati-hati jika seandainya ada area tangan yang terluka.
  5. Jangan terlalu sering digunakan. Selama masih ada kemungkinan untuk cuci tangan menggunakan sabun, maka utamakan langkah yang satu ini untuk membersihkan tangan Anda dibandingkan dengan pemakaian hand sanitizer. Mengingat jika terlalu sering dipakai nantinya alkohol yang ada di dalam produk tersebut membuat kulit menjadi semakin kering bahkan juga ada resiko menyebabkan terjadinya komplikasi, pastinya berbahaya bukan.
  6. Ketika tangan benar-benar kotor jangan pakai hand sanitizer untuk membersihkan, karena tidak akan efektif, Anda bisa menggantinya dengan cuci tangan memakai sabun saja.


Setidaknya itulah panduan benar di dalam memakai hand sanitizer untuk cegah virus Corona. Dapatkan informasi seputar kesehatan yang menarik lainnya dengan mengunjungi situs Halodoc.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon