Mengapa Leukosit Tinggi? dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Leukosit atau bisa disebut dengan istilah sel darah putih terbentuk oleh sumsum tulang manusia, dan beredar ke seluruh tubuh. Dalam kondisi normal kadar leukosit ini antara 3.500 sampai 10.500 dan ternyata tidak selalu dalam kondisi normal seperti ini. Beberapa kasus menunjukan seseorang mengalami kondisi jumlah leukosit terlalu tinggi dan bisa menjadi tanda tengah menderita suatu penyakit. Menariknya beberapa lagi yang lainnya bermasalah dengan rendahnya jumlah leukosit di dalam darah. 

Leukosit


Penyebab dan Gejala Leukosit Dalam Kadar Tinggi 

Seperti yang dijelaskan sekilas di awal bahwa kondisi tubuh seseorang bisa dijumpai dalam kondisi leukositnya terlalu tinggi. Hal ini dapat terjadi ketika dipicu oleh beberapa faktor penyebab sebagai berikut:

  • Paling sering dijumpai pada penderita leukemia atau kanker darah dimana sel darah putih memangsa sel darah merah. 
  • Terjadinya infeksi pada beberapa sistem di dalam tubuh mulai dari saluran pencernaan, saluran pernafasan, dan lain-lain. 
  • Mengalami stress yang cukup berat. 
  • Memiliki kebiasaan merokok.

Leukosit berperan sebagai antibodi yang nantinya akan melindungi tubuh secara alami dari gangguan berbagai parasit. Sayangnya ketika jumlah leukosit ini berlebihan nantinya malah menyebabkan masalah kompleks pada kesehatan. Yakni menyerang parasit baik di dalam tubuh, seperti memangsa sel darah merah yang terjadi pada penderita leukemia. Mengenal gejala ketika leukosit ini meninggi sangat penting untuk bisa mengatasinya dengan segera. Gejalanya beragam dimulai dari penurunan berat badan tanpa sebab jelas, sering merasa sakit atau kesemutan pada tangan maupun kaki, sulit bernafas, tidak nafsu makan, dan lain sebagainya.

Cara Menurunkan Kadar Leukosit

Memastikan apakah gejala yang dialami ini memang disebabkan meningkatnya kadar leukosit di dalam darah maka perlu memeriksakan diri ke dokter. Apabila sudah positif maka bisa melakukan beberapa cara berikut untuk menurunkannya secara alami:

1. Melakukan kemoterapi,

Khusus untuk kasus peningkatan leukosit karena peradangan maka radang penyebab ini musti diatasi. Sedangkan jika leukosit tinggi karena faktor keganasan darah yakni menderita leukemia maka perlu di kemoterapi. Tujuannya tentu saja untuk menurunkan kadar leukosit yang memakan sel darah merah. Jika jumlahnya terbatas maka secara alami akan memangsa parasit berbahaya bukan sebaliknya.

2. Konsumsi antibiotik,

Ada kalanya leukosit dalam darah berlebihan karena mengalami infeksi yang disebabkan oleh virus, kuman, maupun bakteri. Apabila hal ini yang menjadi penyebab maka solusi untuk mengatasinya adalah mengkonsumsi antibiotik. Sebaiknya menggunakan jasa dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut sekaligus mendapatkan antibiotik tepat dengan dosis sesuai kebutuhan. Sebab konsumsi antibiotik perlu dilakukan secara cermat untuk mencegah kekebalan alami tubuh menurun saat terserang gangguan serupa di kemudian hari.

3. Makan makanan yang bergizi seimbang,

Konsumsi makanan bergizi menjadi solusi terbaik untuk menurunkan jumlah sel darah putih yang bersifat antibodi ini. Sebab peningkatan leukosit bisa karena mengalami masalah kesehatan atau malah hanya karena mengalami stress berat. Konsumsi makanan bergizi bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan alami tubuh. Sehingga mengobati infeksi secara alami sekaligus memulihkan pikiran dari stress berat yang dirasakan.

4. Berolahraga dan menjaga kebersihan diri, 

Meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga keseimbangan metabolisme untuk menurunkan leukosit yang membludak. Juga bisa dengan menikmati aktifitas olahraga sehingga kadar leukosit perlahan menjadi normal. Apabila leukosit ini menyebabkan tubuh lemas karena efek mual sampai muntah berkepanjangan. Setidaknya lakukan gerakan lebih banyak misal jalan kaki untuk menjadikan tubuh lebih banyak bergerak.
Comments
0 Comments

0 Response to "Mengapa Leukosit Tinggi? dan Bagaimana Cara Mengatasinya?"

Posting Komentar

IBX5A58E07B39304